Kota Batu, Tagarjatim.id –Balai Perakitan Dan Pengujian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika (BRMP Jestro) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) yang melibatkan masyarakat, akademisi, stakeholder, serta pelaku usaha hortikultura, Jumat (24/10/2025). Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid dari Aula Citrus BRMP Jestro ini juga diikuti oleh Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) lingkup BRMP Hortikultura.

FKP ini menjadi wadah strategis bagi BRMP Jestro untuk menerima masukan konstruktif dari pengguna layanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di sektor hortikultura, khususnya komoditas jeruk dan buah subtropika.

Lima jenis layanan utama BRMP Jestro yang menjadi pembahasan dalam forum ini antara lain layanan jasa perekayasaan dan perakitan teknologi, layanan jasa pengujian dan penilaian kesesuaian, layanan benih sumber, serta layanan jasa pendayagunaan hasil tanaman jeruk dan buah subtropika.

Kepala BRMP Jestro, Nurdiah Husnah, menegaskan bahwa forum ini menjadi bentuk komitmen lembaganya dalam memberikan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat.

“BRMP Jestro memiliki peran strategis dalam modernisasi komoditas jeruk dan buah subtropika,” tegas Nurdiah dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan bahwa penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP) merupakan langkah penting dalam memastikan mutu layanan yang sesuai kebutuhan pengguna, baik petani, pelaku usaha, maupun lembaga riset dan akademisi.

FKP ini dipimpin langsung secara daring oleh Kepala Pusat BRMP Hortikultura, Inti Pertiwi Nashwari, yang menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat untuk memperbaiki dan memperkuat kualitas layanan lembaga riset hortikultura di Indonesia.

“Silakan dikritisi layanan-layanan yang kami sampaikan. Kami butuh partisipasi aktif, opini, dan masukan untuk layanan kami dan empat UK/UPT di bawah BRMP Hortikultura,” ujarnya.

Nashwari menilai FKP bukan sekadar forum administratif, melainkan sarana membangun sinergi antara lembaga pemerintah, akademisi, dan masyarakat agar proses pelayanan publik benar-benar berorientasi pada kepuasan dan kemanfaatan bagi pengguna.

Kegiatan FKP BRMP Jestro ditutup dengan penandatanganan berita acara (BA) oleh perwakilan pengguna layanan, stakeholder, akademisi, institusi terkait, perwakilan petani jeruk, dan media online, sebagai bentuk kesepahaman bersama untuk terus memperbaiki mutu layanan publik di bidang hortikultura.

“Melalui FKP ini, mari berkontribusi positif untuk pelayanan BRMP Jestro yang lebih baik,” pungkas Nurdiah. (*)

iklan ucapan selamat Hari Pahlawan 10 November